JEJARING SOSIAL
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
• facebook
• yahoo messenger
• twitter
• myspace
• mxit
• friendster
Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan
memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan
organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai
tujuannya.
Dalam
bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua
ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula
digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering
digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik
dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan
lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring
sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Pengguna Situs Jejaring Sosial
Salah
satu survei suatu lembaga sosial, menyatakan bahwa pengguna situs jejaring
sosial mayoritas adalah anak muda. Mereka menggunakan situs jejaring sosial
untuk mencari teman dunia maya, bahkan sarana ini juga digunakan untuk mencari
pasangan hidup. Seharusnya, para anak muda yang menggunakan situs jejaring
sosial menggunakan sarana ini dengan sewajarnya dan tidak mengabaikan
lingkungan sosial.
Perkembangan
Situs Jejaring Sosial
Pada
mulanya, situs jejaring sosial sangat terbatas pada fitur-fiturnya.Akan
tetapi,sekarang situs jejaring sosial sudah berkembang pesat. Salah satu
perkembangannya yaitu pada penambahan aplikasi-aplikasi penunjang dalam
berkomunikasi.Contohnya adalah adanya game online dalam situs jejaring sosial.
Manfaat
Jejaring Sosial
Jejaring
sosial mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak.
Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang
diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan
lain-lain.
Dampak
Jejaring Sosial
1. Mengurangi kinerja
2. Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
3.Tergantikanya kehidupan sosial
4.Batasan ranah pribadi dan sosial yang menjadi kabur
5. Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
6. Pornografi
7. Pemanfaatan untuk kegiatan negative
8. Kesalahpahaman
9.
Mempengaruhi kesehatan (masih perdebatan)
Anak muda zaman sekarang ini banyak mengakses internet di mana banyak
jejaring sosial yang di lakukan anak muda, contohnya sebagai ajang untuk
mencari atau memperbanyak teman. Namun ada yang memanfaatkannya untuk mencari
penghasilan, contohnya saja apabila kita mempunyai ide cemerlang untuk membuka
usaha yang mungkin banyak diminati oleh para pencarinya untuk kebutuhannya.
Di jejaring sosial pun bisa mencari pacar dimana website tertentu
membuka biro jodoh untuk bagi para wanita maupun laki-laki yang belum menemukan
jodohnya mungkin dengan berusaha untuk mencari melalui agent tersebut, mereka
bisa menemukan pacarnya.
Jejaring sosial juga bisa memalukan diri sendiri seperti apabila
yang terdapat dokumen pribadinya yang sebenarnya bukan konsumsi publik tetapi
menjadi konsumsi publik karena telah beredar di media internet, hal itulah yang
bisa membuat diri kita malu.
Sisi Positif Lain Dari Jejaring Sosial
DiIndonesia
Di
negara Indonesia, pemerintah banyak melakukan sosialisasi dalam berbagai
hal pendidikan, kesehatan, politik, penanggulangan bencana, ekonomi, dan
informasi yang lain. Selain menggunakan media cetak, pemerintah
mensosialisasikan programnya melalui situs jejaring sosial. Salah satu
contohnya yaitu kampanye dalam pemilu 2009. Banyak sekali Caleg yang
mempromosikan dirinya lewat facebook.
Kesimpulan
Dalam
bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua
ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula
digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam
diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai
garis penghubungnya.
Jejaring sosial mempermudah interakasi dengan
orang lain walaupun terpisah oleh jarak. Karena kita dapat berkomunikasi secara
livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu
barang, komunitas, band dan lain-lain.
Salah
satu survei suatu lembaga sosial, menyatakan bahwa pengguna situs jejaring
sosial mayoritas adalah anak muda.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar